Minggu, 17 Maret 2013

Proposal PTK


PROPOSAL PTK

Rendahnya Minat Belajar Siswa dan rendahnya Nilai Harian Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMP Negeri 2 Batusangkar”



Oleh :
RITO IRAWAN
15609/2010


KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan terencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Sekolah merupakan suatu wadah atau lembaga formal bagi siswa untuk melakukan usaha atau kegiatan pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan. Pendidikan disekolah dilaksanakan secara teratur dan terencana baik itu proses belajar mengajar (PBM) yang bertujuan agar siswa dapat tumbuh dan berkembang.
Belajar adalah proses perubahan seseorang menuju perubahan positif. Dalam belajar diharapkan dapat mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik, adanya perubahan yang menunjukkan timbulnya keterampilan, kecakapan dan pengetahuan baru. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran  siswa harus dinilai melalui proses yang dibuat sesuai dengan standar nasional pendidikan. Termasuk didalamnya penggunaan media pembelajaran.
Hal utama yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam PBM yaitu penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dan cocok diterapkan dengan situasi dan kondisi kelas maupun siswa dan guru. Karena metode pembelajaran sangatlah penting dalam proses belajar dan pengajaran dikelas. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan cara dan minat siwa maupun guru dalam proses belajar dan pengajaran.
Metode pembelajaran yang sesuai sangat berpengaruh bagi guru dalam penyampaian materi pembelajaran kepada siswa dan akhirnya akan berdampak kepada peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Sehingganya hasil belajar bisa lebih meningkat dan mencapai hasil yang diharapkan.
Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk memberikan judul proposal ini dengan judul : “Rendahnya Minat Belajar Siswa dan rendahnya Nilai Harian Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMP Negeri 2 Batusangkar”.

B.     Fokus Penelitian
Agar penelitian ini lebih terfokus, maka peneliti perlu membatasi permasalahan yang akan dibahas lebih lanjut yaitu :
1.             Sulitnya siswa dalam memahami materi pelajaran
2.             Siswa sering berolok-olok dalam proses belajar
3.             Nilai ulangan harian siswa sering dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal)

C.    Pertanyaan Penelitian
1.         Apakah metode pengajaran yang digunakan guru tidak cocok dengan situasi dan kondisi siswa?
2.         Apakah materi yang diajarkan guru tidak menarik?
3.         Seberapa besar minat siswa dalam pelajaran fisika?
D.    Tujuan Penulisan
Tujuan penelitian dilakukan untuk :
1.    Mengetahui bagaimana guru dalam menerapkan metode pengajaran dikelas terhadap siswa
2.    Mengetahui apakah guru tidak profesional dalam mengajar
3.    Kenapa siswa kurang berinisiatif dan kurang termotivasi dalam belajar
4.    Kenapa hasil nilai harian siswa sering dibawah KKM

E.     Manfaat Penelitian
1.    Bagi penulis
a.         Mengetahui bagaimana trik yang cocok bagi seorang guru dalam penyampaian materi dikelas terhadap siswa
b.         Mengetahui perbandingan bagaimana hasil pembelajaran jika menggunakan metode pembelajaran yang sesuai maupun yang tidak sesuai
2.    Bagi guru
a.         Dapat mengevaluasi cara mengajarnya dikelas
b.         Sebagai masukan untuk meningkatkan cara mengajar yang baik
Memberikan perbandingan penggunaan metode belajar yang sesuai maupun yang tidak sesuai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar