PROPOSAL
PTK
“Rendahnya Minat Belajar Siswa dan rendahnya
Nilai Harian Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMP Negeri 2 Batusangkar”
Oleh
:
RITO IRAWAN
15609/2010
KURIKULUM DAN
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2013
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan
terencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan.
Sekolah merupakan suatu wadah atau lembaga formal bagi siswa untuk melakukan
usaha atau kegiatan pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan. Pendidikan
disekolah dilaksanakan secara teratur dan terencana baik itu proses belajar
mengajar (PBM) yang bertujuan agar siswa dapat tumbuh dan berkembang.
Belajar adalah
proses perubahan seseorang menuju perubahan positif. Dalam belajar diharapkan
dapat mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik, adanya perubahan yang
menunjukkan timbulnya keterampilan, kecakapan dan pengetahuan baru. Berhasil
atau tidaknya suatu pembelajaran siswa
harus dinilai melalui proses yang dibuat sesuai dengan standar nasional
pendidikan. Termasuk didalamnya penggunaan media pembelajaran.
Hal utama yang
menjadi tolak ukur keberhasilan dalam PBM yaitu penggunaan metode pembelajaran
yang sesuai dan cocok diterapkan dengan situasi dan kondisi kelas maupun siswa
dan guru. Karena metode pembelajaran sangatlah penting dalam proses belajar dan
pengajaran dikelas. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan cara dan minat siwa
maupun guru dalam proses belajar dan pengajaran.
Metode
pembelajaran yang sesuai sangat berpengaruh bagi guru dalam penyampaian materi
pembelajaran kepada siswa dan akhirnya akan berdampak kepada peningkatan minat
dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Sehingganya hasil belajar
bisa lebih meningkat dan mencapai hasil yang diharapkan.
Berdasarkan
uraian diatas penulis tertarik untuk memberikan judul proposal ini dengan judul
: “Rendahnya Minat Belajar Siswa dan
rendahnya Nilai Harian Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMP Negeri 2
Batusangkar”.
B.
Fokus
Penelitian
Agar penelitian
ini lebih terfokus, maka peneliti perlu membatasi permasalahan yang akan
dibahas lebih lanjut yaitu :
1.
Sulitnya siswa dalam memahami materi
pelajaran
2.
Siswa sering berolok-olok dalam proses
belajar
3.
Nilai ulangan harian siswa sering
dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal)
C.
Pertanyaan
Penelitian
1.
Apakah metode pengajaran yang digunakan
guru tidak cocok dengan situasi dan kondisi siswa?
2.
Apakah materi yang diajarkan guru tidak
menarik?
3.
Seberapa besar minat siswa dalam
pelajaran fisika?
D.
Tujuan
Penulisan
Tujuan
penelitian dilakukan untuk :
1. Mengetahui
bagaimana guru dalam menerapkan metode pengajaran dikelas terhadap siswa
2. Mengetahui
apakah guru tidak profesional dalam mengajar
3. Kenapa
siswa kurang berinisiatif dan kurang termotivasi dalam belajar
4. Kenapa
hasil nilai harian siswa sering dibawah KKM
E.
Manfaat
Penelitian
1. Bagi
penulis
a.
Mengetahui bagaimana trik yang cocok
bagi seorang guru dalam penyampaian materi dikelas terhadap siswa
b.
Mengetahui perbandingan bagaimana hasil
pembelajaran jika menggunakan metode pembelajaran yang sesuai maupun yang tidak
sesuai
2. Bagi
guru
a.
Dapat mengevaluasi cara mengajarnya
dikelas
b.
Sebagai masukan untuk meningkatkan cara
mengajar yang baik
Memberikan perbandingan penggunaan metode belajar
yang sesuai maupun yang tidak sesuai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar