Rabu, 12 Desember 2012

Contoh Proposal Penelitian BAB III



BAB III
METEDOLOGI PENELITIAN


A.      Jenis Penelitian
Penelitian ini berbentuk Field Research dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode ini penulis dapat memahami dan mengungkapkan tentang masalah yang penulis teliti, dan juga metode kualitatif ini penulis dapat melakukan interview dengan objek yang penulis teliti. Dapat dipahami bahwa menganalisa deskriptif kualitatif adalah memberikan prediket pada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi sebenarnya. Maksudnya adalah untuk memperoleh gambaran yang sebenarnya antara keserasian teori dan praktek.
B.       Lokasi Penelitian
Penelitian ini penulis lakukan di SMP Muhammdiyah 6 Padang, yang merupakan lembaga pendidikan formal yang letaknya strategis dan tidak jauh daripusat kota.
Adapun alasan penulis mengambil lokasi ini karena penulis menemukan permasalahan yaitu dari kepribadian anak (siswa) sekolah yang bertolak belakang dengan keadaan dirumah.
C.      Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek darimana data diperoleh (Arikunto, 2006 : 123). Untuk memperoleh data sehubungan dengan masalah yang akan penulis teliti. Perlunya sumber  data yang akan memeberikan informasi diantaranya yaitu :
1.      Sumber data primer
Sumber data primer dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa, data yang diharapkan disini adalah bagaimana orang tua mendidik anaknya dirumah.
2.      Sumber data sekunder
Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah Guru kelas, kepala sekolah, dan seluruh staf SMP Muhammdiyah 6 Padang.
D.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan data. Untuk memperoleh data dilapangan yang sesuai dengan masalah yang akan diteliti maka penulis menggunakan teknik sebagai berikut :
1.    Observasi
Observasi yaitu pengamatan adalah pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan penginderaan (Bungin, 2008 : 115). Untuk memperoleh data yang autentik dalam pengumpulan data tentang pola asuh orangtua penulis melakukan pengamatan secara cermat ke SMP Muhammadiyah 6 Padang.
2.    Wawancara
Pada saat pengumpulan data selain menggunakan teknik observasi, penulis juga menggunakan teknik wawancara. Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil menatap muka antara pewawancara dengan informasi orang yang diwawancarai (Bungin, 2008 : 108)
3.    Angket
Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui (Arikunto, 2006 : 151)
Pengumpulan data dengan angket ini penulis mengajukan daftar pertanyaan secara tertulis kepada responden, dimana jawabannya sudah disediakan. Angket ini penulis tujukan kepada orangtua.
4.    Dokumentasi
Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi adalah data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip nilai, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya (Arikunto, 2006 : 231). Data yang akan dicari dapat berupa arsip-arsip tertulis seperti peraturan-peraturan dan catatan harian, guna mengetahui pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

E.       Teknik Analisis Data
Dalam pengolahan data penulis akan memahami dan menganalisis dengan deskriptif kualitatif yang memberikan prediket pada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, hasil ini akan diperoleh dari pelaksanaan observasi dan wawancara dianalisis dengan uraian dan penjelasan narasi (Anggoro), 2007 : 4).
Adapun tahap-tahap analisis data yang penulis gunakan terdiri dari :
  1. Seleksi data, yaitu menyeleksi data yang sudah terkumpul, apakah sudah terjawab masalah penelitian yang akan disajikan atau belum.
  2. Klasifikasi data yaitu mengklasifikasikan data yang telah terkumpul sesuai dengan masalah yang telah ditetapkan.
  3. Menarik kesimpulan yaitu menerik kesimpulan dari data yang penulis peroleh sesuai dengan batasan masalah yang telah ditetapkan.

2 komentar:

  1. kalau penelitian berbentuk existing statistics
    gmna yahh
    mhon bantuanya

    BalasHapus
  2. Untuk bab 3 isinya hanya ini pak.?

    BalasHapus