BAB
III
METEDOLOGI
PENELITIAN
A.
Jenis
Penelitian
Penelitian ini
berbentuk Field Research dengan
menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode ini penulis dapat
memahami dan mengungkapkan tentang masalah yang penulis teliti, dan juga metode
kualitatif ini penulis dapat melakukan interview dengan objek yang penulis teliti.
Dapat dipahami bahwa menganalisa deskriptif kualitatif adalah memberikan
prediket pada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi sebenarnya.
Maksudnya adalah untuk memperoleh gambaran yang sebenarnya antara keserasian
teori dan praktek.
B.
Lokasi
Penelitian
Penelitian ini
penulis lakukan di SMP Muhammdiyah 6 Padang, yang merupakan lembaga pendidikan
formal yang letaknya strategis dan tidak jauh daripusat kota.
Adapun alasan
penulis mengambil lokasi ini karena penulis menemukan permasalahan yaitu dari kepribadian
anak (siswa) sekolah yang bertolak belakang dengan keadaan dirumah.
C.
Sumber
Data
Sumber data
dalam penelitian ini adalah subjek darimana data diperoleh (Arikunto, 2006 :
123). Untuk memperoleh data sehubungan dengan masalah yang akan penulis teliti.
Perlunya sumber data yang akan
memeberikan informasi diantaranya yaitu :
1. Sumber
data primer
Sumber data
primer dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa, data yang diharapkan
disini adalah bagaimana orang tua mendidik anaknya dirumah.
2.
Sumber data sekunder
Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah Guru kelas, kepala
sekolah, dan seluruh staf SMP Muhammdiyah 6 Padang.
D.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh penulis untuk
mengumpulkan data. Untuk memperoleh data dilapangan yang sesuai dengan masalah
yang akan diteliti maka penulis menggunakan teknik sebagai berikut :
1. Observasi
Observasi yaitu pengamatan adalah
pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui
pengamatan dan penginderaan (Bungin, 2008 : 115). Untuk memperoleh data yang
autentik dalam pengumpulan data tentang pola asuh orangtua penulis melakukan
pengamatan secara cermat ke SMP Muhammadiyah 6 Padang.
2. Wawancara
Pada saat pengumpulan data selain
menggunakan teknik observasi, penulis juga menggunakan teknik wawancara.
Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan
cara tanya jawab sambil menatap muka antara pewawancara dengan informasi orang
yang diwawancarai (Bungin, 2008 : 108)
3. Angket
Angket adalah sejumlah pertanyaan
tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti
laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui (Arikunto, 2006 : 151)
Pengumpulan data dengan angket ini
penulis mengajukan daftar pertanyaan secara tertulis kepada responden, dimana
jawabannya sudah disediakan. Angket ini penulis tujukan kepada orangtua.
4. Dokumentasi
Pengumpulan data dengan teknik
dokumentasi adalah data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan,
transkrip nilai, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda
dan sebagainya (Arikunto, 2006 : 231). Data yang akan dicari dapat berupa
arsip-arsip tertulis seperti peraturan-peraturan dan catatan harian, guna
mengetahui pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.
E.
Teknik
Analisis Data
Dalam pengolahan
data penulis akan memahami dan menganalisis dengan deskriptif kualitatif yang
memberikan prediket pada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi yang
sebenarnya, hasil ini akan diperoleh dari pelaksanaan observasi dan wawancara
dianalisis dengan uraian dan penjelasan narasi (Anggoro), 2007 : 4).
Adapun
tahap-tahap analisis data yang penulis gunakan terdiri dari :
- Seleksi data, yaitu menyeleksi data yang sudah terkumpul, apakah sudah terjawab masalah penelitian yang akan disajikan atau belum.
- Klasifikasi data yaitu mengklasifikasikan data yang telah terkumpul sesuai dengan masalah yang telah ditetapkan.
- Menarik kesimpulan yaitu menerik kesimpulan dari data yang penulis peroleh sesuai dengan batasan masalah yang telah ditetapkan.
kalau penelitian berbentuk existing statistics
BalasHapusgmna yahh
mhon bantuanya
Untuk bab 3 isinya hanya ini pak.?
BalasHapus